Selamat datang di Blogger Sanak Lappung

Asal Usul Desa Brumbung

Friday, October 9, 20096comments


a)Awal Abad ke -19
Dalam abad yang ke -19 ini masyarakat Indonesia telah mengalami penjajahan belanda selama 300 tahun. Semua harta milik masyarakat Indonesia diambil untuk dibawa kenegaranya yaitu Belanda. Rakyat Indonesia diwajibkan untuk melakukan tanam paksa terutama pada awal abad ke -18 oleh Willam Daendels.

b)Dibangunnya Sumur
Sebelum dinamakan desa Brumbung, di desa Brumbung belum ada satupun nama yang digunakannya. Hal yang melatar belakangi desa Brumbung yaitu dibangunnya sumur yang sampai sekarang belum diketahui siapa yang membangun. Pembangunan sumur tersebut pada awal ke – 19 sekitar tahun 1920 sumur itu sudah ada dan rakyat yang menempati desa itu menggunakan sumur tersebut untuk melakukan aktivitas sehari –hari terutama digunakan untuk mengairi sawah mereka.

c)Pemberian nama Sumur Brumbung
Sekirat tahun 1920’an rakyat desa tsb. Belum mengenal yang namanya Tulisan. Mereka seakan – akan buta akan akan tulisan, karena setiap hari mereka menggunakan sumur tersebut, akhirnya tercetuslah sebuah nama yang disarankan oleh salah satu warga desa yaitu “Sumur Brumbung” yaitu sebuah sumur yang penuh dengan harta dan suka, maksutnya yaitu karena masyarakat sering menggunakan sumur tesebut untuk bermatapencaharian dan bercocok tanam. Sehingga dengan adanya sumur tsb, masyarakat menggunakannya sebagai pusat kehidupan.

d)Terjadinya desa Brumbung
Sejak masyarakat sepakat memberi nama sumur di desa tersebut dengan nama “ Sumur Brumbung”, daerah tersebut menjadi agak terkenal dikalangan masyarakat lain. Tetapi ada suatu hal yang menjadi permasalahan, yaitu belum adanya nama desa tsb. Walapun masyarakat saling berinteraksi setiap harinya.
Suatu hari masyarakat mengadakan musyawarah tentang pembentukan desa, akhirnya setelah musyawarah selama 2 hari mereka memutuskan untuk memberi nama desa tersebut yaitu dengan nama desa Brumbung nama tersebut diambil dari nama sumur di desa tersebut yaitu “Sumur Brumbung” asa dan suka, sumber kehidupan masyarakat.
Masyarakat sepakat dengan nama desa tersebut. Akhirnya masyarakat menggunakan nama desa tersebut dan menjadikan desa Brumbung sebagai salah satu desa yang walapun baru terbentuk setelah beberapa desa. Dan akhirnya sampai sekarang rakyat menyebut desa itu dengan sebutan desa Brumbung .

* Desa ini terletak di daerah Kec. Tanjunganom, Kab. Nganjuk Jawa Timur
Share this article :

+ comments + 6 comments

October 9, 2009 at 11:28 AM

wah sejarah desa kamu ya bro?

October 12, 2009 at 1:31 AM

desa qm kang?bagus penggambarannyaaa

October 15, 2009 at 7:03 AM

Kapan ya bisa maen kesana????

October 24, 2009 at 9:00 AM

he hehe legenda yg sangat menarik, cerita rakyat ini jangan sampai hilang......

October 27, 2009 at 12:39 AM

wah , sejarah desa kamu tuh yh, wkwkwkkwk
seru juga tuh,,
ntar wan posting desa wan juga dech , wkwkwkkwk

October 30, 2009 at 11:46 PM

wah,,, keren sjarahnya,,
btw ,,
ni desanya mas y??

Post a Comment

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Blogger Sanak Lappung | Inet Solution - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger